Skip to content

Apa Perbedaan Antara Atap Metal Spandek dan Atap Metal Pasir? Ini Penjelasannya

  • by
ukuran atap longspan

Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak baik-baik saja, maka dari itu kehadiran atap yang kuat dan ukuran atap longspan pada rumah itu sangatlah penting. Membahas tentang atap, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan jenis atap metal. Dalam atap metal, ada dua jenis yakni atap metal spandek dan metal pasir. Apa perbedaan antara keduanya?

Dilihat dari Segi Kekuatan dan Warna

Sebaiknya ketahui dahulu perbedaan paling utama dari kedua atap ini dan ukuran atap longspan. Intinya, jenis metal pasir memiliki lapisan pasir di permukaan, sedangkan metal spandek tidak memilikinya. Jadi, lebih ringan ketimbang metal pasir.

Perbedaan selanjutnya adalah segi kekuatan atau ketebalan dan warna. Untuk atap spandek metal ini lebih kuat daripada metal pasir. Selain itu juga mudah untuk mengetahui tingkat ketebalan inti baja yang menjadi bahan dari atap jenis metal spandek. Sedangkan untuk warna, metal spandek juga mempunyai variasi warna yang cenderung lebih beraneka ragam. 

Atap metal spandek mempunyai warna yang bisa dikatakan lebih tahan karena pembuatannya menggunakan teknologi tinggi. Berbeda dengan proses dari pembuatan jenis atap metal pasir.

Sebenarnya untuk model atap rumah jenis metal pasir ini pada awalnya memang memiliki warna yang cantik. Tetapi seiring waktu berjalan dan karena setiap hari pasti terpapar matahari dan hujan silih berganti, warnanya bisa cepat pudar atau terkelupas.

Kemampuan untuk Meredam Suara Bising

Atap metal pasir memiliki ketebalan lapisan pasir di permukaannya yang bisa meredam suara bising yang diakibatkan hujan, berbeda dengan metal spandek. Tetapi lapisan pasir yang hanya ditempelkan dengan lem di permukaan baja lapis biasanya mampu bertahan setahun saja, dan suara bising hujan muncul lagi.

Nah, jika anda tidak ingin itu terjadi, ada cara untuk mengatasinya. Cara untuk mengatasi kebisingan suara hujan di atap metal yang efektif yakni dengan menambahkan plafon atau insulasi atap. 

Itulah perbedaan mendasar dari jenis atap metal spandek dengan atap metal pasir yang harus anda ketahui. Keduanya memiliki keunggulannya tersendiri dan pilihlah mana yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.