Skip to content

Wp Dalam Panel Surya Adalah?

  • by
paket solar panel

Wp dalam panel surya pada dasarnya hanyalah sebuah satuan yang didapatkan dari paket solar panel. Panel surya adalah peralatan terdiri atas sel surya mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Jenis panel surya yang banyak digunakan memiliki muatan sekitar 100 Wp. 

Kenali Tentang Panel Surya

Sudah tahu kan Wp merupakan satuan dari besaran paket solar panel? Panel surya merupakan peralatan yang terdiri atas energi sel surya. Sel tersebut nantinya akan membantu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik sehingga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Panel surya biasa dinamakan dengan sel photovoltaic atau semacam cahaya listrik. Sel surya sendiri sangat bergantung pada efek photovoltaic yang bisa digunakan untuk menyerap energi matahari. Efek tersebut menyebabkan arus mengalir antara 2 lapisan bermuatan berlawanan. 

Panel surya merupakan komponen yang sifatnya sangat penting dalam mengaplikasikan listrik dengan menggunakan tenaga matahari. Dari perangkat inilah, sinar matahari akan ditangkap langsung kemudian dikonversikan menjadi energi listrik. 

Bagaimana Produksi Panel Surya?

Wp dalam panel surya terdiri atas berbagai jenis mulai dari 10 watt, 100 watt, 1000 watt, 4.400 watt, dan 1.100 watt. Tergantung dengan paket solar panel yang diproduksi dalam banyak pilihan jenis sehingga penggunanya bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. 

Perbedaan Wp dalam panel surya terdiri atas berbagai fitur, stabilitas, kapasitas, dan harganya. Para pengguna diharapkan bisa memilih besaran panel surya sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa lebih hemat budget dibandingkan lainnya. 

Panel surya 100 Wp merupakan jenis panel surya yang paling banyak diminati dan sering digunakan, apalagi untuk kebutuhan rumahan. WP singkatan dari Watt Peak merupakan semacam istilah yang digunakan dalam dunia solar energy. 

Wp menggambarkan besarnya nominal Watt tertinggi yang dihasilkan langsung dari solar system. Energi dalam sinar matahari memang cenderung mengalami perubahan satu harinya. Makin tinggi watt-peak, maka semakin besar pula manfaat yang digunakan dari panel surya. 

Pemilihan Wp dalam panel surya tidak bisa dilakukan sembarangan karena berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas. Memilih panel surya perlu memperhatikan banyak pertimbangan misalnya kebutuhan wp yang akan digunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.