Skip to content

Ingin Pasang Panel Surya Atap? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

  • by
panel surya atap

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan panel surya atap sebagai sumber energi listrik, terutama di rumah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya.

Berikut ini, Kami akan bahas apa saja yang perlu Anda cermati sebelum memasang panel surya atap di rumah maupun di bangunan lain.

  • Daya Listrik Bangunan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memakai panel surya atap adalah daya listrik dari bangunan yang akan memakainya.

Perlu diketahui kalau peraturan pemerintah tahun 2022 menyebutkan jika pemakai dari panel surya atap diberi izin untuk memasang panel yang memiliki daya 15% dari total listrik yang terpasang di lokasi tersebut.

  • Bahan Pembuat Panel Surya Atap

Saat ini, banyak tersebar perusahaan yang menawarkan jasa untuk memasangkan panel surya atap.

Meskipun begitu, Anda perlu ingat untuk tidak mudah tergoda. Perhatikan dulu apa yang ditawarkan, seperti bahan yang digunakan untuk membuat panel.

Sebagai informasi, bahan pembuat panel surya atap yang paling banyak digunakan bernama monocrystalline.

  • Jenis dan Luas Atap Bangunan

Berikutnya, Anda juga perlu untuk memperhatikan jenis serta luas dari atap bangunan yang akan dipasangi panel surya atap. Sebab, struktur dari atap bangunan akan memberi pengaruh pada kemampuan menopang panel dari atap.

Apabila atap rumah Anda masih terbuat dari bahan kayu, maka disarankan bagi Anda untuk mengubahnya ke bahan atap yang lebih kokoh lagi.

  • Besar Tidaknya Intensitas Penyinaran Matahari

Panel surya atap mampu bekerja secara maksimal jika semakin banyak menyerap energi matahari. Karena itulah, sebelum memakainya, Anda perlu memastikan kalau lokasi tempat rumah Anda berada intensitas terkena mataharinya cukup tinggi.

  • Perhatikan Peralatan yang Digunakan

Peralatan yang digunakan oleh perusahaan penyedia jasa pemasangan panel surya atap juga perlu menjadi perhatian Anda.

Sebab, panel surya memiliki waktu-waktu tertentu dimana benda ini mampu menyerap cahaya matahari secara optimum yakni sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang.

Karena itulah kondisi peralatan perlu dalam kondisi baik dan prima.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang panel surya atap di rumah atau kantor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.