Skip to content

Kenali Jenis Baja Ringan dan Beragam Fungsinya

  • by
atap baja ringan terbaik

Atap baja ringan terbaik Jakarta memang sudah terbukti memiliki kualitas yang sangat baik sehingga cocok untuk dibuat membangun ruko, rumah, dan berbagai jenis bangunan lainnya. Jenis baja ringan memiliki ukuran yang bermacam-macam, sehingga harganya juga beragam. Yuk kenali berbagai jenis atap baja ringan terbaik yang terkenal tahan lama dan anti korosi ini!

Baja Ringan Jenis Hollow

Atap baja ringan terbaik satu ini terbuat langsung dari material galvanis. Karakteristik yang dimiliki oleh baja ringan yakni berbentuk balok, ujungnya persegi, dan bagian dalam material terlihat kosong. Banyak orang menggunakan baja ringan jenis hollow sebagai bahan pembuatan kanopi, atap, dan juga plafon. Berapa harga dari baja ringan jenis hollow? Anda bisa membelinya dari berbagai macam harga tentunya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan

Baja Ringan Jenis Bondek

Ada lagi nih baja ringan Jakarta yang dinamakan dengan bondek. Material satu ini sangat mudah ditemui, sehingga berfungsi sebagai rangka tulangan, pembungkus, dan pelapis untuk menahan beban serta tekanan beton. Baja ringan bondek biasa dimanfaatkan untuk membangun rangka atap atau mengganti triplek. Jadi bagi Anda yang ingin material atap kuat dan tahan lama, bisa juga menggunakan baja ringan bondek yang terbukti berkualitas ini!

Baja Ringan Jenis Kaso

Baja ringan kaso memiliki nama lain baja ringan truss yang banyak dimanfaatkan sebagai rangka atap yang diletakkan di atas genteng. Truss atau kaso bisa digunakan sebagai komponen penguat kuda-kuda dan juga tiang. Baja ringan kaso memiliki ciri khas sangat kuat dengan ketebalan 0,75 sampai dengan 1 mm. Kaso atau truss terkenal memiliki banyak kandungan zink yang bentuknya mirip seperti hollow atau gabungan 2 baja ringan bondek. 

Baja Ringan Reng

Dibandingkan dengan jenis baja ringan lainnya, reng memiliki karakteristik seperti bilah-bilah. Reng nantinya bisa dipasang melintang agar bisa menahan atau penyangkut genteng. Sifat reng jenis baja ringan terkenal enteng dan bisa bertahan dalam waktu lama dibandingkan dengan reng yang terbuat dari bambu dan kayu. Reng nantinya terbuat dari bahan zinc yang tahan terhadap peristiwa perkaratan sehingga mampu bertahan dalam cuaca tropis Indonesia. 

Baja Ringan Spandek

Spandek termasuk baja ringan yang bentuknya mirip seperti lembaran. Material spandek berbentuk seperti gelombang kemudian digunakan sebagai penutup atau pelapis luar kerangka atap rumah ataupun kanopi. Spandek juga berfungsi sebagai pelapis dinding sama seperti baja ringan lainnya seperti tahan lama, anti karat, ringan, dan beberapa kelebihan lainnya. 

Baja Ringan Jenis Kanal C

Baja ringan Jakarta kanal C bentuknya memang menyerupai huruf C. Jika dibandingkan dengan baja ringan lainnya, maka ciri khas material berbentuk kotak persegi. Fungsi utama dari baja ringan kanal C yaitu sebagai penyusun rangka atap serta kanopi rumah. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan kanopi, menahan atap, dan langit rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.