Skip to content

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Besi CNP

  • by
sebuah lahan sedang ada konstruksi dengan 2 pekerja

Penggunaan besi CNP merupakan salah satu pilihan tepat untuk membuat struktur bangunan yang memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang baik. Sama halnya dengan material bangunan lainnya, CNP besi juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Pertimbangkan untuk menggunakan CNP besi sebagai bahan material jenis gedung atau rumah yang ingin dibangun. 

Kelebihan Material CNP Besi

CNP besi memiliki bentuk menyerupai huruf C sehingga banyak dikenal dengan istilah kanal C dalam dunia konstruksi bangunan. Bahannya bagus terbuat dari plat koil dengan metode pemotongan berbentuk huruf C. Material memiliki ketebalan dan tipe mulai dari 1,6 mm sampai dengan 2 mm. Apa saja kelebihan CNP besi?

  • Tingkat Kelenturannya Sangat Tinggi

Dalam dunia pembangunan konstruksi, maka sebuah atap wajib memperhatikan tingkat kelenturan bahannya. Kelenturan bahan bisa mempengaruhi tegangan tarik atap sehingga bisa menyerap energi yang lebih banyak. CNP besi memiliki tegangan tarik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan baja konvensional. 

  • Proses Pemasangannya Sangat Mudah

Besi CNP memiliki bobot yang sangat ringan dibandingkan dengan baja konvensional. Bobot ringan membuat CNP besi sangat mudah dipotong dan dirangkai membentuk struktur atap. Menariknya lagi, Anda bisa memasang konstruksi atap tanpa menggunakan bantuan tukang asalkan paham konsep pembuatannya. 

  • Hemat dan Bisa Digunakan Kembali

CNP besi sifatnya sangat serbaguna, sehingga bisa dimanfaatkan dalam membangun struktur atau bagian bangunan yang lain. Coba manfaatkan sisa potongan CNP besi dalam pembangunan pagar ataupun railing tangga. Material tersebut sangat berguna dalam membangun rangka furniture dengan tema industrialis. 

  • Bisa Digunakan Berbagai Variasi Bentuk Atap

Bobot CNP besi sangatlah ringan sehingga membuatnya mudah dibentuk dan sangat fleksibel. Buatlah rancangan konstruksi atap sesuai keinginan, kemudian bentuk rangka atap sesuai dengan beban yang ditumpu agar tidak mudah roboh. 

Kekurangan CNP Besi dalam Konstruksi Bangunan

Dibalik semua kelebihan yang dimiliki, CNP besi memiliki kekurangan ketika digunakan sebagai rangka atap. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, maka wajib pahami kekurangan yang ditawarkan ketika dipakai sebagai struktur bangunan. 

  • Pemasangan Perlu Dilakukan Secara Teliti

Coba lakukan pemasangan struktur atap dengan CNP besi, kemudian lakukan dengan teliti dan benar. Perhatikan dengan baik jarak antar besinya karena kalau berjauhan bisa menyebabkan bangunan mudah roboh. Lakukan konsultasi dengan arsitek untuk mengetahui potensi penyusutan dan juga pemuaian baja ringan. 

  • Mudah Terbawa oleh Angin

Bobot besi CNP sangatlah ringan sehingga rentan sekali terbawa angin. Pertimbangkan dan bangun rangka atap dengan jarak yang lebih rapat sebagai solusi terbaiknya. Coba pilihlah baut yang sangat kuat untuk pemasangan CNP besi satu ini. Selain itu rangka atap CNP besi juga kurang estetis sehingga nilai estetikanya dianggap kurang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.