Skip to content

Memasang Atap Multiroof Pasir: 4 Cara Mudah untuk Dicoba

  • by
atap besi

Di Indonesia, atap multiroof pasir merupakan jenis genteng metal yang paling banyak digunakan dalam konstruksi rumah. Selain memiliki banyak kelebihan dibanding atap jenis lainnya, pemasangan genteng ini juga cukup mudah. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda aplikasikan untuk memasang genteng multiroof pasir ini. 

#1. Menentukan Ketinggian dan Ukuran Reng

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memasang genteng metal pasir adalah mengukur ketinggian dan kemiringan struktur baja ringan yang akan Anda gunakan. Selain itu, Anda juga perlu mengukur jarak reng dengan seksama. Pada umumnya, ketinggian standar rumah minimalis yang ada di Indonesia adalah 30 derajat.

#2. Mulai dari Posisi Atas

Setelah mengukur reng dengan benar, maka Anda bisa memulai proses pemasangan genteng. Saat memasang atap metal pasir ini, pastikan Anda memulainya dari posisi paling atas. Untuk arah pemasangan, tidak masalah dimulai dari arah kanan ataupun kiri.

Memulai pemasangan dari posisi paling atas bertujuan untuk menghindari genteng terinjak-injak. Sehingga, Anda dapat meminimalisir kerusakan genteng selama proses pemasangan.

#3. Memasang Sekrup Genteng Metal

Langkah selanjutnya dalam pengaplikasian atap multiroof pasir adalah memasang sekrup metal. Caranya cukup mudah dan Anda hanya perlu menggunakan bor dalam prosesnya. Berbeda dengan pemasangan genteng, pemasangan sekrup menggunakan bor harus dimulai dari bagian tengah terlebih dahulu. 

Untuk genteng multiroof pasir, sekrup berukuran 5 cm bisa menjadi pilihan yang sesuai. Sekrup dengan ukuran ini akan cukup kuat mengunci reng saat ada terpaan angin kencang.

Saat memasang sekrup, Anda harus memastikan bahwa lembaran genteng sudah terpasang pada posisi sempurna. Selain itu, Anda perlu memasang sekrup secara lurus agar sekrup dapat menembus reng bagian depan dan belakang.

#4. Memasak Nok Atap Metal Pasir

Langkah terakhir dalam pemasangan atap metal pasir adalah memasang nok genteng. Elemen ini adalah bagian penutup yang biasanya diposisikan di bagian paling atas bangunan rumah. Pastikan Anda memasang nok ini setelah lembaran genteng metal pasir sudah terpasang sepenuhnya.

Bagian tersebut pada umumnya digunakan untuk menutupi celah yang terdapat di antara pertemuan kedua sisi atap. Saat memasang nok pada atap multiroof pasir, Anda perlu memastikan bahwa alur garis nok sudah lurung dengan reng atau garis genteng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.