Skip to content

Ini Kelebihan Penggunaan Baja Ringan Kanal U Sebagai Material Konstruksi

  • by
atap rumah

Baja ringan kanal U atau UNP merupakan material konstruksi yang banyak digunakan untuk pembangunan rumah, gedung tinggi hingga konstruksi otomotif seperti truk atau mobil bak. Selain sering diaplikasikan sebagai penutup atap sebuah bangunan, besi UNP juga bisa difungsikan sebagai penopang jembatan kecil serta material untuk memperkuat saluran air.  

Karakteristik Baja Ringan UNP

Baja ringan UNP memiliki permukaan agak kasar pada bagian luar maupun bagian dalamnya. Material konstruksi yang satu ini memiliki ketebalan lebih dari 5 mm serta panjang rata-rata 6 m.

Kelebihan Baja Ringan UNP

Bagi Anda yang sedang berencana membangun hunian sendiri, terdapat beberapa kelebihan penggunaan baja ringan UNP sebagai material konstruksi yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya:

  1. Memiliki Daktilitas yang Tinggi

Daktilitas adalah kemampuan besi UNP untuk menahan tegangan tarik dengan daya besar dan terjadi secara berkali-kali. Baja ringan UNP dengan daktilitas yang tinggi tidak akan mudah mengalami pemuaian ketika harus menopang beban yang sangat berat. 

  1. Ramah Lingkungan

Baja ringan UNP dapat dipakai berulang kali sehingga lebih ramah lingkungan. Jika Anda ingin mencopot dan menggantinya karena alasan tertentu, baja ringan UNP yang lama bisa digunakan kembali untuk keperluan konstruksi bangunan lainnya.

  1. Mudah dalam Pemasangan

Pemasangan baja ringan kanal U sebagai sambungan konstruksi sangat mudah untuk dilakukan. Dengan begitu pengaplikasian besi UNP untuk berbagai jenis keperluan pembuatan struktur bangunan tidak membutuhkan waktu lama. 

  1. Lebih Hemat

Instalasi baja ringan UNP pada sebuah bangunan tidak membutuhkan papan-papan untuk tiang beton. Hal ini tentu bisa mengurangi anggaran yang harus Anda keluarkan. Selain itu, karena dibuat dari material yang anti rayap dan anti karat, baja ringan UNP memiliki ketahanan yang lebih lama sehingga tidak memerlukan perawatan khusus dengan budget yang besar. 

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan penggunaan baja ringan kanal U sebagai material konstruksi. Dibandingkan dengan jenis baja ringan lainnya, besi UNP terbilang lebih kuat dan awet. Karena alasan tersebut, tidak heran jika baja ringan UNP banyak direkomendasikan oleh para kontraktor maupun pemasok bahan bangunan profesional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.