Skip to content

Cara Membersihkan Griddle Electric

  • by
griddle

Dari berbagai jenis griddle yaitu cast iron griddle, griddle electric, outdoor griddles, griddle pans memiliki cara khusus untuk membersihkannya setelah digunakan. Sering kali sebuah rangkaian acara membutuhkan alat pemanggang. Acara barbeque ini kerap kali ada saat tahun baru, malam keakraban, maupun acara lainnya. Tentunya setelah digunakan Anda harus membersihkan alat pemanggang tersebut. Apalagi bila terdapat banyak lemak makanan yang menempel sehingga bisa menimbulkan kerak.

Metode pembersihan griddle harus dilakukan dengan benar agar alat pemanggang tersebut awet dan bisa digunakan kembali. Griddle yang sering digunakan untuk anak muda biasanya adalah griddle electric yang lebih mudah untuk digunakan. Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk membersihkan alat pemanggang dengan mudah. simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Bersihkan griddle electric dengan air sabun.

Pastikan sebelum pembersihan digunakan, pemanggang elektrik ini harus telah terputus dari aliran listrik. Setelah itu Anda bisa merendam semua peralatan panggang dalam wadah besar yang berisikan air panas dan air sabun. Rendam beberapa menit hingga minyak menempel bisa terangkat dengan sendirinya. Setelah lemak lemak terangkat maka sikat dengan spons kasar atau sikat pencuci piring untuk membersihkan kotoran yang masih menempel. Untuk sudut alat pegangan yang sempit Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

  1. Bersihkan alat panggangan dengan soda kue

Cara lain untuk membersihkan griddle electric bisa menggunakan soda kue dengan menuangkan 1 liter gelas air hangat kemudian ditambah dengan 25 gram soda kue dan tambah dengan 500 ml air perasan air lemon. Kemudian setelah itu rendam alat pemanggang dengan larutan tersebut selama beberapa menit kemudian gosok dan bersihkan. Air perasan lemon ini bisa membersihkan lemak secara alami dan soda kue bisa menghancurkan lemak yang berkerak. 

  1. Bersihkan panggangan dengan cuka

Cara selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan cuka. Caranya adalah dengan membasahi kain dengan cuka agar saus panggangan tidak meninggalkan kerak. Anda bisa menggosok pemanggang Anda sesekali agar tidak kesusahan dalam mencucinya nanti. Cara terbaik adalah dengan menyimpan cuka dalam botol semprotan agar lebih mudah dalam penggunaannya.

  1. Cara bersihkan tabungan panggangan

Untuk beberapa jenis alat griddle yang memiliki tabung panggangan, Anda bisa menggunakan sikat cuci piring untuk membersihkannya. Cara untuk menyikat nya adalah dengan menggunakan gerak naik dan turun untuk mendorong kotoran agar keluar dari kubang satu ke lubang lainyya. Anda juga perlu menyiapkan sabun cuci piring saat menggosoknya akar tidak ada lemak yang menempel.

Setelah selesai membersihkan alat pemanggang Griddle electric Anda, lakukan satu proses lagi dengan siram atau rendam alat pemanggang tersebut dengan air panas agar terbebas dari bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.