Skip to content

Mari Berkenalan Dengan Besi Hollow, Sahabat Konstruksi Bangunan

  • by
ilustrasi besi hollow

Dunia konstruksi kini lebih dimudahkan dengan kehadiran besi hollow. Besi ini memiliki karakteristik yang memudahkan proses memudahkan. Material ini sangat kokoh namun juga ringan sehingga banyak dipakai sebagai rangka plafon atau tembok. Pembahasan lebih lanjutnya ada di bawah ini.

Pengertian besi hollow

Seperti namanya, “hollow” berarti lubang. Besi ini memiliki bentuk besi batangan berongga. Anda bisa menemukan hollow di pasaran disebut sebagai pipa kotak. 

Nama asli dari hollow adalah HSS (Hollow Structural Section). Besi ini bisa diaplikasikan terhadap berbagai bangunan, baik konstruksi atau rumah hunian. 

Anda bisa menemukan varian hollow ukuran 4×4 dengan mudah di pasaran. Karena varian tersebut, banyak yang menganggap bahwa ukuran hollow terpatri 4×4. Padahal hollow memiliki cukup banyak varian ukuran dan bentuk sehingga anda bisa membeli pipa kotak yang tidak kotak.

Pipa kotak atau hollow memiliki berbagai bentuk selain persegi. Anda bisa menemukan hollow berbentuk elips, lingkaran, dan persegi panjang. Biasanya perbedaan bentuk ini dibuat untuk membedakan material pembuatan hollow.

Material ini sangat praktis ketika digunakan. Sehingga tukang bisa mudah untuk memasangnya tanpa perlu keahlian tinggi. Lebih enaknya lagi, besi ini tahan terhadap serangan rayap dan api.

Hollow juga memiliki tingkat serbaguna yang tinggi. Anda bisa memakainya untuk area indoor atau outdoor. Berikut ini fungsi utama hollow dalam konstruksi bangunan:

  1. Penopang atap plafon

Karena ukurannya yang pas, hollow sangat cocok digunakan sebagai penopang plafon atau kanopi. Karena daya tahannya juga, maka kanopi yang dibangun bisa bertahan dari segala keadaan dan kondisi.

  1. Pagar rumah

Hollow juga bisa digunakan untuk membuat pagar rumah. Anda bisa mengkombinasikan hollow, kayu, dan bebatuan untuk mendapatkan pagar yang unik nan minimalis. Pagar anda juga menjadi tahan rayap dan tahan cuaca apabila menggunakan hollow.

Itulah pembahasan singkat mengenai besi hollow. Hollow kini sudah umum digunakan pada berbagai konstruksi bangunan. Hal ini tak lain karena keunggulan yang ditawarkan serta harganya yang relatif lebih ekonomis dibanding kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.