Skip to content

Ragam Klasifikasi Kopi Grinder Yang Bisa Anda Pilih

  • by

Indonesia adalah negara dengan penghasil kopi yang cukup tinggi setelah negara Meksiko, setiap daerah memiliki ragam jenis kopi baik robusta atau arabica. Biji kopi yang masih utuhan bisa digiling menjadi halus dan siap konsumsi dengan alat yang disebut coffee grinder.

Ragam klasifikasi coffee grinder yang perlu Anda tahu! 

1.   Grinder Elektrik 

Merupakan alat penggiling kopi atau grinder memakai tenaga listrik. Jumlah sajian biji kopi bisa lebih banyak dan sekaligus jalan sehingga menghemat waktu dan tenaga agar tidak bolak balik menggiling kopinya.

Kekurangan grinder kopi elektrik yakni pada ukurannya terbilang lumayan besar. Sehingga Anda juga memerlukan ruang sedikit lebih luas guna meletakkan, menggunakannya. Manfaat serta keunggulan dari alat kopi listrik tersebut yakni mampu menggiling cepat dibandingkan gilingan manual. Hanya saja untuk proses gilingannya dimasukkan sedikit demi sedikit agar tidak membuat cepat aus.

2.   Burr Grinder 

Merupakan sebuah alat gilingan kopi dengan prinsip kerjanya mirip grinder manual. Akan tetapi, banyak pengusaha kopi butuh waktu agak lama dan kurang efektif jika untuk usaha ramai cafe. Maka dari itu, tercipta grinder rasa manual tapi cepat. Gilingannya memakai mesin listrik dengan dua plat gilingan roda bergigi. Kegunaannya adalah untuk melembutkan biji kopi kemudian dapat mengekstrak minyak biji kopi. 

3.   Blade Grinder 

Ada sedikit persamaan dari blurr grinder dan blade grinder tetapi ada perbedaannya juga. Untuk gilingan kopi blade grinder memakai 2 mata pisau guna mencacah halus biji kopi. Pisaunya terdiri atas 2 model, yaitu mata pisau lurus atau flat dan mata pisau posisi melingkar atau conical. Kelebihan dari mesin ini adalah mampu menggiling kopi cepat, maksimal 1 menit. Akan tetapi, komponen sistem pemotongannya menaikkan suhu biji kopi sehingga memberikan efek tingkat kehalusan kopi kurang maksimal. Terkadang ada serbuk kopi yang halus bercampur dengan serbuk yang sedikit kasar. Efek dalam hal rasa atau taste berubah. Kuncinya, jika ingin menggunakan blade grinder, Anda gilinglah kopi sedikit demi sedikit dimana waktu tidak kurang dari 20 detik.

  1. Grinder manual

Merupakan alat penggiling kopi yang dipakai banyak orang desa tradisional. Pada umumnya, cara tradisional membuat kopi adalah  ditumbuk hingga halus, tapi dengan adanya grinder manual pekerjaan akan lebih ringan. Alat manualnya hanya menggantikan tangan Anda untuk menumbuk tetapi dengan memakai alat yang nyaman sehingga tidak lekas capai. Rasa dan aromanya tetap harum dan khas.

Itulah 4 alat grinder kopi yang bisa Anda miliki untuk usaha Anda. Setiap jenis grinder memiliki kelebihan dan kekurangan maka bisa disikapi dengan baik agar alat tidak lekas rusak. 

Selamat mencoba ya grinder kopi terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published.