Skip to content

Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Atap Zinc Aluminium Sebelum Memasangnya

  • by
atap rumah

Saat Anda membangun rumah, tentu Anda perlu mempertimbangkan material-material yang digunakan, termasuk material untuk atap rumah. Salah satu yang sedang populer dan banyak digunakan adalah atap Zinc Aluminium atau dikenal juga sebagai atap Zincalume. Material yang satu ini memang terkenal kuat, tahan lama, mudah dipasang, dan memiliki harga yang terjangkau.

Kelebihan Atap Zincalume 

Atap Zincalume merupakan material atap rumah yang bahan dasarnya terbuat dari baja, kemudian dilapisi dengan Zinc dan Aluminium. Terdiri dari 55% aluminium, 43.5% zinc, dan 1.5% silikon, jenis atap yang satu ini sudah banyak digunakan di rumah-rumah Indonesia

Selain rumah, banyak juga kantor, rumah sakit, ruko, sekolah, pabrik, dan bangunan lainnya yang menggunakan atap Zincalume. Penggunaan atap Zincalume ini tentunya karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah,

  1. Mudah dipasang

Atap Zincalume memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan material atap yang lain, makanya atap ini mudah dipasang dan bisa menghemat waktu pengerjaan. Semakin cepat pemasangan atap tentunya Anda juga semakin menghemat biaya untuk membayar tukang.

  1. Penggunaan yang beragam

Tidak hanya digunakan sebagai atap, Zincalume juga bisa digunakan sebagai elemen rumah lainnya, seperti sekat ruangan, kanopi, garasi, dan digunakan sebagai bahan pembuatan interior rumah.

  1. Mudah dibentuk

Tidak hanya ringan, material atap Zincalume juga mudah sekali dibentuk, sehingga penggunaannya bisa menyesuaikan dengan konsep bangunan yang sesuai dengan keinginan Anda. Meskipun begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat pemasangan material Zincalume ini, agar tetap bisa bertahan saat diterpa angin.

  1. Anti karat dan korosi

Kelebihan lain dari atap Zinc Aluminium adalah kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi, campuran bahan seng, aluminium, dan resin pada atap ini membuatnya tahan terhadap karat dan korosi sehingga tidak mudah rusak dan lapuk serta dapat digunakan untuk waktu yang lama.

  1. Memantulkan cahaya dengan optimal

Atap Zincalume memiliki lapisan pasivasi yang membuat permukaan atapnya mengilap, dengan begitu atap ini sangat efektif memantulkan cahaya dan juga panas.

  1. Tahan berbagai kondisi cuaca

Atap Zincalume diproduksi dalam suhu tinggi yang membuatnya tahan terhadap berbagai kondisi suhu dan juga cuaca. Makanya tidak heran kalau atap ini banyak digunakan di negara-negara beriklim tropis termasuk Indonesia.

Kekurangan Atap Zincalume

Saat Anda sedang mempertimbangkan penggunaan atap Zincalume, tentunya tidak hanya melihat pada kelebihannya saja, tetapi Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari atap Zincalume ini, seperti

  1. Mudah tergores

Atap Zincalume memang mudah tergores, sehingga Anda perlu berhati-hati saat penyimpanan dan pemasangannya.

  1. Bising saat hujan

Kekurangan lainnya adalah atap Zincalume cenderung mengeluarkan suara bising saat terkena air hujan, maka dari itu Anda bisa menambahkan peredam suara jika tetap ingin menggunakan atap yang satu ini.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari atap Zinc Aluminium yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memasangnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.