Skip to content

Kelebihan Dan Kekurangan Besi H Beam Wajib Diketahui

  • by
construction

Usaha jual Besi H Beam menyediakan besi h beam yang merupakan profil baja yang memiliki bentuk seperti huruf H. Berbeda dengan besi I Beam, profil H Beam memiliki sisi tengah yang lebih lebar dan sisi luarnya lebih kecil. Struktur H Beam biasanya digunakan untuk konstruksi besar karena memiliki ketahanan yang lebih kuat dan kokoh.

Kegunaan H Beam
Besi H Beam biasanya digunakan untuk membangun struktur atap, jembatan, struktur bangunan, dan masih banyak lagi. Material ini juga sering digunakan untuk membangun struktur yang lebih kuat dan tahan lama. Dengan menggunakan besi ini, struktur juga akan lebih mudah direkayasa. 

Struktur yang dibangun dengan menggunakan besi H mampu menahan beban yang lebih besar. Ini sangat berguna ketika mengembangkan bangunan yang lebih tinggi atau bahkan menjaga stabilitas struktur yang sudah dibangun.
Keunggulan Besi H 

Material ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan material baja lainnya. Keunggulan tersebut antara lain adalah: 

  1. Tahan lama

Besi H memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap kerusakan atau korosi, sehingga membuatnya lebih tahan lama daripada bahan lain. 

  1. Berat ringan

Material ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan baja lainnya. Hal ini membuatnya lebih mudah dipindahkan dan dipasang. 

  1. Fleksibel

H Beam termasuk material yang cukup mudah dipotong dan dibuat menjadi bentuk yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan. 

  1. Harga terjangkau

Harga H Beam relatif lebih murah dibandingkan dengan baja lainnya yang ada di pasaran, sehingga material ini menjadi opsi yang lebih hemat.

Kekurangan Besi H

Walaupun memiliki banyak keunggulan, H beam juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum menggunakan material ini, di antaranya adalah

  1. Kekuatan dan stabilitas tidak sebaik kayu. 
  2. Perlu keahlian khusus untuk memasang struktur yang menggunakan material ini. 
  3. Konduktivitas panas yang lebih tinggi karena terbuat dari logam
  4. Tidak tahan terhadap korosi.

Demikian sedikit informasi mengenai besi H beam. Material ini semakin diminati karena berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Bahkan H beam saat ini sangat populer untuk struktur bangunan berlantai tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.