Skip to content

Berikut Cara Kerja Ice Flake Machine

  • by
ice flake

Ice flake machine sendiri adalah sebuah mesin yang memiliki sebuah fungsi utama untuk membuat balok es dengan bentuk seperti serpihan kecil yang mana es tersebut biasa digunakan untuk mendinginkan makanan. Jika ditelusuri lebih jauh lagi maka jenis mesin ini dapat anda temukan di supermarket maupun swalayan terdekat.

Hal yang demikian terjadi karena banyak sekali swalayan maupun supermarket yang membutuhkan jenis mesin ini untuk mendinginkan makanan yang mereka jual dan tetap membuatnya tetap segar. Seperti contohnya makanan semacam frozen food, daging, ikan, dan lain sebagainya sering didinginkan menggunakan mesin ini.

Selain dipakai oleh supermarket dan swalayan, mesin ini juga dipakai oleh perusahaan industri besar, terutama industri yang menggunakan ikan tuna sebagai produk olahan utamanya. Pada kemasan kaleng yang dipakai untuk membungkus produk olahan tersebut seringkali digunakan bahan es sebagai pendingin untuk mengawetkan ikan tuna yang akan diproses lebih lanjut setelah diperoleh dari bagian hulu.

Hal ini harus dilakukan karena ikan tuna yang akan diproses tersebut pasti akan membutuhkan antrian dengan waktu yang tidak sebentar untuk diproses lebih lanjut lagi sehingga berhasil menjadi produk olahan yang siap untuk dikonsumsi. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai cara kerja dari ice flake machine.

Cara Kerja Ice Flake Machine

Pada proses refrigerasi gas yang dalam kondisi tekanan rendah akan memasuki pipa evaporator yang berada dalam ruangan drum dengan bentuk tabung. Pada tabung ini sendiri memiliki sebuah lapisan dengan double layer yang mempunyai fungsi tertentu dalam proses pendinginan makanan yang kemudian akan diproses lebih lanjut.

Pada saat yang bersamaan air yang ada dalam mesin tersebut akan terus dipompa sampai bisa mengaliri keseluruhan ruangan tabung pada bagian permukaannya. Air yang mengalir tadi pada bagian permukaannya akan dengan cepat mengalami perubahan sehingga menjadi sebuah es yang berdiri di sekitar bagian permukaannya.

Ketika serpihan es telah membentuk maka hal yang selanjutnya dilakukan oleh mesin ini adalah memotong dan kemudian melakukan penghancuran kepada serpihan yang menempel pada dinding ruangan tersebut. Nantinya serpihan yang menempel ini akan langsung jatuh ke bawah ruang penampungan es yang mana memiliki letak di bawah tabung drum tadi. Jika es ini telah jatuh maka makanan anda sudah siap untuk diawetkan untuk selalu tampak segar.

Itulah cara kerja dari ice flake machine yang perlu anda ketahui, nyatanya rumah tangga pribadi juga bisa memiliki mesin ini untuk melakukan pengawetan terhadap bahan pasokan makanan. Pastinya makanan yang anda taruh ke dalam mesin ini akan lebih awet dan segar daripada ditaruh di mesin pendingin biasa, banyak jenis makanan juga yang bisa anda awetkan memakai mesin pendingin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.