Skip to content

Tips Memilih Genteng Seng Metal Terbaik

  • by
seng

Dibalik berbagai jenis rangka metal galvanis yang ada, tentunya setiap jenisnya memiliki kegunaan masing-masing dan tidak bisa digunakan secara sembarangan. Bukan hanya dipilih berdasarkan jenis kuat tidaknya material genteng tersebut namun juga dipertimbangkan mengenai warna dan fungsi dari bangunan yang akan dibangun nantinya. Menentukan jenis atap yang sesuai akan menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang akan membuat Anda lebih hemat untuk kedepannya karena tidak memerlukan biaya tambahan untuk perbaikan genteng yang lama karena memiliki ketahanan yang bagus dan sudah sesuai dengan karakter bangunan.

Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk memilih genteng seng terbaik sebagai wujud investasi jangka panjang

  1.       Dari segi material dan ketebalannya

Yang harus diperhatikan dari bahan dasar genteng Anda adalah pastikan terbuat dari bahan dasar yang telah dipilih dan direkomendasikan oleh Standar Nasional Indonesia berdasarkan ketebalan baja inti.

  1.       Tahan cuaca

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah ketahanan akan cuaca dari rangka metal galvanis tersebut apakah memperlihatkan lapisan pelindung karat atau bisa tahan petir untuk menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi penghuni bangunan. Pastikan genteng tersebut juga sudah diujikan dan lolos uji ketahanan cuaca dengan pengujian selama 10 tahun.

  1.       Estetika

Hal yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah estetika dari rangka metal galvanis tersebut apakah sesuai dengan desain bangunan atau tidak. Apakah sesuai dengan karakter dan fungsi bangunan atau tidak. Selain estetika memberikan daya tarik tersendiri namun estetika juga penting untuk memberikan kenyamanan secara visual bagi pemilik, pengguna maupun masyarakat yang memandang bangunan terkait.

  1.       Pemasangannya yang cepat

Sebagai bentuk dari efisiensi waktu maka hal yang harus dipertimbangkan adalah pemasangannya yang bisa dilakukan dengan cepat dan juga bisa mengurangi pengeluaran biaya pemasangannya karena hanya butuh uangku yang tak lama dalam pemasangan tersebut. Selain itu dengan menggunakan material baja ringan selain pemasangan yang cepat juga akan menekan biaya renovasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ataupun memang perlu adanya perlakukan renovasi. Selain itu hal positif lainnya adalah perawatannya yang minimalis namun tetap memiliki manfaat yang maksimal dengan memiliki ketahanan akan api dan kokoh konstruksinya.

  1.       Mutu dan kualitas genteng seng metal harus memenuhi standar

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa dalam pemilihan genteng ini harus di cek terlebih dahulu apakah telah memenuhi mutu standar nasional Indonesia ataukah belum. SNI ini penting karena untuk memastikan bahwa gunung tersebut sesuai standar kelayakan dan telah diujikan sebelumnya.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih genteng seng metal adalah memberikan garansi resmi ketahanan karat hingga 10 tahun lamanya dan ketahanan warna selama 5 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.