Skip to content

5 Gedung Terkenal di Dunia yang Menggunakan Genteng Metal

  • by
genteng metal berpasir

Genteng metal berpasir sudah terkenal di seluruh dunia karena bentuknya yang estetik dan sifatnya yang tahan lama. Baik bangunan tradisional maupun modern dapat merasakan manfaat menggunakan genteng berbahan metal. Berikut 5 gedung terkenal di dunia yang menggunakan genteng metal berpasir sebagai atapnya.

  1. Kastil Kronborg, Denmark

Kastil in terkenal karena menjadi latar salah satu karya terkenal William Shakespeare yaitu Hamlet. Bangunan ini dibangun antara tahun 1574-1585, dan sampai sekarang, atap metalnya yang berbahan tembaga masih terjaga dengan baik dan belum pernah diganti. 

  1. Nassau Hall, Amerika Serikat

Pada tahun 1777, bangunan ini rusak parah akibat perang revolusi Amerika. Gedung ini menjadi pusat segala kegiatan pemerintahan Amerika Serikat selama 4 bulan pada tahun 1783. Gedung tertua di Universitas Princeton ini terbakar pada tahun 1802, untuk mencegah itu terjadi lagi, genteng metal pun dipasang.

  1. Katedral Santo Basil, Rusia

Siapa yang tidak pernah melihat bangunan ikonik dengan kubah berwarna-warni ini? Mulai dibangun pada tahun 1555, awalnya bangunan ini menggunakan genteng berbahan timah sebagai atapnya. 400 tahun kemudian, genteng berbahan tembaga dipasang supaya lebih tahan lama.

  1. Gedung Chrysler, Amerika Serikat

Gedung pencakar langit yang sangat ikonik dan sering sekali muncul di film-film Hollywood ini juga menggunakan atap metal, tepatnya berbahan baja alloy. Bahkan, patung-patung yang disebut gargoyle yang menghiasi gedung ini juga terbuat dari metal. 

  1. Gereja Temppeliaukio, Finlandia

Gereja yang juga terkenal dengan nama gereja batu ini cenderung baru, mulai dibangun pada tahun 1968 dan selesai hanya setahun setelahnya. Gereja ini terkenal karena dibangun murni pada sebuah batu raksasa. Kubah gereja ini menggunakan bahan metal juga, yaitu tembaga yang menambah kesan tangguh pada gereja ini. 

Itu dia 5 gedung terkenal di dunia yang menggunakan genteng berbahan metal. Jadi pastikan memilih genteng metal daripada genteng yang lain, karena genteng metal sudah teruji ketahanan dan keindahannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.