Skip to content

Tips Memilih Coffee grinder Terbaik Untuk Mendapatkan Cita Rasa Kopi Yang Berkualitas

  • by
ilustrasi coffee grinder

Setelah mengetahui berbagai jenis dari coffee grinder maka tahapan selanjutnya yang perlu dipelajari adalah cara untuk mensetting grinder kopi tersebut. Grind setting ini difungsikan untuk mengatur tingkat kehalusannya yang akan berbeda beda setiap tipenya. Fitur tersebut memiliki beberapa variasi kehalusan yang bisa dilakukan mulai dari coarse atau butir yang berukuran paling kasar, medium coarse, medium, medium fine hingga fine atau yang merupakan butiran kopi yang paling halus.

Beberapa grinder kopi tidak memiliki settingan grinder yang lengkap. Namun ketika Anda ingin memilih suatu coffee grinder maka usahakan agar memilih kopi yang memiliki berbagai fitur grinder dan lengkap agar hasil gilingan yang didapat memiliki hasil yang konsisten.

Apa saja yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih grinder terbaik?

Perbedaan tingkat kehalusan hasil gilingan oleh mesin grinder kopi dapat dilihat berdasarkan dari metode brewing atau penyeduhan yang akan digunakan terhadap kopi tersebut sebelum diminum nantinya. Metode penyeduhan kopi memiliki beberapa jenis dalam tekniknya yaitu terdiri dari French press, pour over, drip coffee, siphon, dan espresso. Teknik penyeduhan tersebut akan dipilih sesuai dengan kebutuhan maupun selera dari penikmat kopi nantinya.

Dapat dicontohkan misalnya dalam penyeduhan teknik French atau pour over maka dalam pengaturan mesin coffee grinder adalah yang bisa menghasilkan bubuk kopi yang lebih kasar. Untuk bubuk kopi yang memiliki ukuran medium akan lebih cocok jika menggunakan teknik penyeduhan drip coffee. Untuk bubuk yang lebih halus teknik penyeduhan yang tepat adalah dengan menggunakan teknik siphon dan espresso.

Setelah mengetahui berbagai jenis coffee grinder maka grinder apa yang dikatakan terbaik dan tepat? Sesuai dengan harganya yang cukup mahal untuk mendapatkan hasil kopi dengan citarasa yang enak dan berkualitas adalah dengan menggunakan burr grinder. Namun bila Anda membutuhkan kepraktisan dan efisiensi waktu maka semua jenis mesin grinder kopi akan cocok untuk Anda.

Bagi para pecinta kopi tak jarang akan tertantang untuk mencoba kopi dengan menggunakan grinder yang bervariasi untuk mendapatkan pengalaman yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.